Untuk dapat mengerjakan contoh soal pada posting sebelumnya, kita perlu mengetahui teknik menggambar diagram bode. Ada beberapa link berbahasa indonesia yang bisa membantu untuk mengusai teknik ini. Link ini dan ini bisa menjadi rujukan kita. Penjelasan detil tentang teknik menggambar diagram bode juga bisa didapatkan di buku Teknik  Kontrol Otomatik dari Katsuhiko Ogata. Kali ini saya akan menjelaskan teknik ringkas bagaimana menggambar diagram bode. Teknik ini merupakan ringkasan dari Buku Ogata.

Ada empat faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menggambar diagram bode dari sebuah fungsi laih lup terbuka, yaitu : 

1. Penguatan K

2. Faktor integral dan Turunan


3. Faktor orde 1

4. Faktor Kuadratis

FAKTOR PENGUATAN K

G(s)H(s) = K. Jika umpan balik satuan maka, G(s) = K. Untuk menggambar diagram bode, s diganti dengan jw dan dicari magnitud (dalam desibel) dan fasanya. Maka :

Sehingga magnitudnya :

 Fasanya :

Adapun gambar diagramnya adalah sebagai berikut :

Magnitud dan Fasa dari Penguatan K
Magnitud dan Fasa dari Penguatan K

Hal yang perlu diingat dalam menggambar diagram bode adalah diagram magnitud terletak di atas dan diagram fasa ada dibawahnya tidak disamping kiri atau kanannya. contoh soal bode diagram sebelumnya.

Demikianlah teknik menggambar diagram bode untuk penguatan K. untuk faktor-faktor yang lain tunggu postingan berikutnya sebelum nanti kita sampai pada pembasahan contoh soal bode diagram sebelumnya.

Selamat mencoba.

Kota Dingin yang sekarang tidak dingin lagi, 9 Nov 2011.
Kuliahanam.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *